Selasa, 11 Maret 2014

Salah Satu Tradisi Islam di Indonesia



TRADISI MINUM SUSU PADA TAHUN BARU ISLAM DI RANTAU


MINUM SUSU.jpeg

           Unik, menarik dan penuh makna, jamaah Masjid Baiturahmah Tapin menyambut Tahun Baru Islam 1434  Hijriyah dengan cara minum susu putih yang merupakan tradisi di Tapin.
            Tradisi minum susu putih sambut tahun baru Islam itu berlangsung Kamis (15/11) setelah salat subuh di ruang induk masjid  bersejarah di Tapin itu.
            Puluhan jamaah salat subuh mengikuti tradisi minum susu sambut tahun baru Islam tersebut.
Tradisi minum susu menyambut tahun baru Islam itu sudah berlangsung puluhan tahun yang digelar badan pengelola Masjid Baiturahmah.
           Menurut imam rawatib Masjid Baiturahmah Tapin, ustadz Fikri Ramadan, tradisi minum susu menyambut tahun baru Islam itu memiliki makna positif.
            Maknanya, kata ustadz Fikri, supaya selama perjalanan satu tahun ke depan, hidup kita selalu manis, artinya manis segi kesehatan, manis kesejahteraan, manis dalam urusan dan manis dalam ketakwaan kepada Allah.
           Sedangkan pada malam tahun baru Islam, masjid ini menggelar salat hajat yang diikuti ratusan warga Tapin. "Memang sudah menjadi tradisi di Masjid Baiturahmah, kalau malam tahun baru Islam kami menggelar salat hajat dan setelah salat subuh mengadakan tradisi minum susu," jelas Fikri Ramadan, ustadz muda hapal Alquran ini.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar